Jumat, 15 Mei 2015

LW Versi Cergam di Tanah Air ( Bagian I )

Pernah baca komik? Yakin belum pernah?
Dalam wikipedia disebutkan bahwa komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.  Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.

Di Indonesia terdapat sebutan tersendiri untuk komik seperti diungkapkan oleh pengamat budaya Arswendo Atmowiloto  (1986) yaitu cerita gambar atau disingkat menjadi cergam yang dicetuskan oleh seorang komikus Medan bernama Zam Nuldyn  sekitar tahun 1970.

Dengan demikian bisa kita simpulkan bahwa cergam merupakan kependekan dari cerita bergambar mengandung pengertian perpaduan gambar dan teks yang  berbaur menjadi satu kesatuan yang mengandung keindahan dan cerita yang bermakna

Oh ya review saya seputar komik bisa dilihat di  trulyrudiono.blogspot.com/2012/11/bicara-seputar-komik.html

Little Women juga tersedia dalam versi cergam. di tanah air saja sudah ada beberapa versi yang beredar dari aneka penerbit. Bentuk penyajian, ukuran dan serta jumlah halamannya juga beragam. 

1. ACT Empat Gadis 
Mereka yang besar pada tahun 70-an sampai awal 80-an mungkin pernah membaca Album Cerita Ternama (ACT) terbitan Gramedia Pustaka Utama.  Ada sekitar 168 judul yang diangkat dari kisah klasik dunia. Cara ini cukup lihai digunakan untuk menarik minat baca anak-anak akan karya sastra dunia.

Dengan keterbatasan jumlah halaman yang hanya 32, tentunya banyak kisah yang mengalami pemangkasan. Bagi yang pernah membaca buku secara lengkap tentunya akan merasa aneh. Tapi yang terpenting makna inti dari kisah tidak mengalami perubahan.


Versi ACT yang saya miliki merupakan terbitan tahun 1981 dengan ukuran buku  (LxP) 26X18,5 dan berat 85 gram. Pada bagian akhir kisah, kita bisa menemukan tulisan, "Terdaftar No. Po. : B.C./034/II/1981/SBINMAS. Tanggal 5 Februari 1981 SBINMAS KODAK VII METRO JAYA." Ini semacam sensor pada saat itu. 
 
Tercantum harga buku pada kover bagian depan sebesar Rp 375,-. Juga informasi mengenai 269 gambar yang terdiri dari dua warna dalam buku ini.  Kover kisah ini menggambarkan kecerian keempat gadis saat menerima surat dari ayah mereka. Sementara 

Dalam kisah ini nama keempat gadis tersebut ditulis sebagai Meg, Yo, Bet serta Ami. Dan nama keluarga mereka adalah Mar. Tetangga mereka menjadi keluarga Loren dengan anak laki-laki bernama Lori. Bibi March menjadi Bu De Mari. Aduhhh yang ini membuat saya tertawa tanpa henti.

Sementara pada halaman belakang tercantum  judul sembilan koleksi dari ACT, dimana tiap koleksi terdiri dari  14 judul kisah. Empat gadis berada dalam koleksi kesembilan bersama antara lain dengan  Hujan Emas karangan Jules Veme, Sisilia oleh  Charles Dickens dan lainnya.

2. Seri Buku Dongeng Anak-anak Bergambar no.60 : Young Girls

Buku yang saya punya merupakan cetakan keenam terbitan tahun 1991 terdiri dari 25 halaman. Dimensi(LxP): 17x18 dan berat buku  100 gram. Merupakan karya  Shogo Hirata dengan Arina Abubakar sebagai alih bahasa. Sampul dibuat oleh Yudi S. Diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo.

Seperti buku pada umumnya, buku ini terdiri dari dua sisi. Sisi kiri berisi uraian kalimat, sisi satunya berisi ilustrasi berwarna yang cantik.
 
Keluarga ini mendapat nama keluarga Marty dengan empat anak gadis Meg, Jo, Beth serta Emmy. Tetangga mereka yang baik hati bernama Keluarga Lawrence dengan anak laki-laki bernama Rory. Mereka memiliki seorang bibi yang bernama Bibi Marchi. 

Buku ini sungguh luar biasa karena pada halaman 25 tercetak dengan tinta merah pesan moral yang bisa kita peroleh dari kisah ini. Tercetak, "Walaupun tidak punya uang, para gadis itu tetap penuh perhatian dan percaya pada Tuhan, karena itu mereka hidup bahagia. Kita diajarkan apa artinya kekayaan yang sebenarnya."

Kover belakang selain berisi judul-judul lain dari Seri Buku Dongeng Anak-anak Bergambar juga memberikan sinopsis singkat mengenai isi buku. "Young Girls adalah cerita yang menggambarkan kehidupan sebuah keluarga yang walaupun hidup serba kekurangan namun mereka tetap memiliki hati emas."

3. Nomik Cerita Dunia
Data buku ini sebagai berikut
Penerjemah : Renny Anggraeni
Penyunting naskah : Asih Gandana dan Andhy Romdani
Ilustrator : Agus Willy
Penyunting Ilustrasi : Iwan Yuswandi dan tumes
Desain sampul dan isi : Iwan Yuswandi dan Asih Gandana
Pengarah desain : anfevi
Layout dan setting isi : Andhy Romdani dan Tim Artistik
ISBN : 9793828536
ISBN13 : 9789793828534
Cetakan : Cetakan ketiga Agustus 2008
Penerbit : Read! Publishing House






Sinopsis buku ini dalam http://www.rajabuku.com/browses/product/9789793828534/nomik-
cerita-dunia-little-women.html

Pada kover bagian bawah kanan 
tercetak tulisan Nomik, kependekan  
dari Novel Komik. Anehnya dalam buku
ini justru hanya memuat sedikit sekali
gambar.

Karena lebih banyak berisi kalimat maka bisa dikatakan bahwa buku ini lebih lengkap dibandingkan dengan dua buku terdahulu. 

Gaya bahasa dalam buku ini sepertinya diperuntukan untuk remaja sehingga mempergunakan kata yang mudah dicerna dan gaya bahasa yang lebih santai.

Hayuh kalian punya yang mana? 
Masih ada beberapa buku lagi, kita bahas selanjutnya.

























































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar