Minggu, 17 Mei 2015

Little Women Termahal

Berapa harga LW koleksimu yang paling mahal?
Beli buku kok mahal-mahal!
Memang ada yang mau beli  buku yang  harganya mahal?

Sering kali saya mendapat pertanyaan seperti itu. Maklum menurut salah satu sahabat dunia perbukuan saya, kita hidup beda planet dengan mereka yang tidak suka buku. Jadi ya alasan apapun akan dianggap aneh buat mereka jika uang, misalnya Rp 500.000 kita habiskan buat beli buku. Begitu juga sebaliknya, kita akan menganggap aneh melihat mereka dengan santainya membeli baju, tas atau sepatu seharga Rp 500.000.

Sekali lagi, karena beda persepsi pandangan mahal untuk suatu barang jadi berbeda. Padahal ada lho buku yang harganya fantastis. 

Codex Leicester, misalnya dijual seharga US $30,802,500. Buku berbahasa Italia ini berisikan tulisan tangan Leornado da Vinci tentang analisa sains Sang Pelukis Monalisa tersebut.  Koleksi 72 halaman ini juga ditulis dengan cara yang unik, yaitu mempergunakan sistem mirror writing, ditulis terbalik dan hanya  bisa dibaca dengan cermin.   Karena keunikan dan nama besar penulisnya, pada tahun 1994 Bill Gates rela merogoh kocek sebesar US $30.8 juta (sekitar Rp 293 milyar) untuk buku yang mulai beredar di kalangan kolektor dari tahun 1717 dan dibeli pertama kali oleh Earl of Leicester. Sejak di tangan Bill Gates, buku Codex dipamerkan ke umum sekali setahun di beberapa kota di seluruh dunia. Sang Bos Microsoft juga membuat scan setiap halaman buku ke dalam bentuk digital.  
LW juga ada yang ditawarkan dengan harga fantastis. Belum lama saat iseng (sepertinya jadi kebiasaan baru  ^_^) mengunjungi salah satu situs penjualan ol. Semula saya pikir saya yang salah membaca angka yang tertera di sana Rp 12.974.025,97 atau US $999.00

Penasaran saya coba cari buku-buku lain apakah masih ada yang harganya seperti itu, ternyata ada yang mendekati Rp 11.038.961,04 atau US $850.00


Saya sampai menyeret Evyta Air untuk memastikan mata saya tidak salah baca, kesimpulannya memang mata saya tidak salah. Langsung berandai-andai.


Tetap penasaran, mulai cari-cari yang lain. Langsung heboh lihat yang dibuat dengan kover BIRU......! Begitu lihat harga langsung mewek lagi. Hayahhh empat juta-an! Meski tidak semahal dua buku di atas tetap saja tak relaaaaaaaa! Kecuali ada yang mendadak lupa diri dan memberikan sebagai hadiah.


Kata "sakti" ketiga buku tersebut adalah Will ship to Indonesia. Baiklah...., kemungkinan membeli bisa saja jika sudah suka (walau perbandingannya 1:1000). Meski demikian apa saya bisa tidur nyenyak jika suatu saat koleksi saya ada yang  kisaran segitu? Bisa senewen tingkat dewa saya. Jadi serba khawatir. 

Hayuh kembali ke dunia nyata! *cubit diri sendiri*
Cari yang bagus tapi murah meriah. Seninya adalah mengumpulkan satu demi satu buku, mengumpulkan dana hingga cukup untuk membeli buku idaman.  Biar bagaimana hobi tidak boleh mengganggu kebutuhan utama dong, meski bisa dianggap investasi.

Berburu lagi.....!


Sumber gambar:
telegraph.co.uk
ebay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar