Senin, 18 Mei 2015

Little Women termahal dalam Koleksiku



"Jadi berapa harga bukumu yang paling mahal?" 
Masih penasaran  rupanya seorang teman setelah melihat album berisi koleksi LW di FB. Meski dibilang tidak semahal gaun pesta atau tas santainya tetap saja tidak percaya.

Sebenarnya koleksi yang paling mahal sekitar Rp 350.000,- itu pun merupakan hadiah bukan beli sendiri. Dengan   nilai  tukar   terhadap    Dollar   sekitar Rp 11.000-an, lumayan  bedanya dengan  saat ini yang perlahan tapi pasti melewati Rp 13.000.

Cerita ada salah satu rekan yang saya bantu menyelesaikan sebuah  proposal pekerjaan. Awalnya bekerja suka rela karena yang akan ia kerjakan masih terkait dengan urusan buku. Tidak pernah terpikir untuk meminta fee atau sejenisnya.

Ketika saya nyaris lupa pernah membantu, rekan saya itu memberikan sebuah link dari situs jual beli ol terbesar di tanah air, Kaskus. Pesannya singkat tapi membuat saya menjadi orang paling bahagia saat itu (efek lebay).

"Say, trims bantuannya. Silahkan cek link ini. Dijamin pasti suka banget. Pilih salah satu sebagai tanda terima kasih dari kita ya."  Wah saya tidak pernah meminta imbalan tapi kalau dikasih ya tentunya bersyukur. Jadi penasaran.

Begitu link saya klik, tralaaaaa. Aneka buku dengan kover kulit bermunculan bikin mupeng! Ok setuju, kalau ini aku pasti suka sekali. Selain buku LW, masih ada buku-buku lain seperti Dracula, Alice in Wonderland, Charles Dickens: Five Novels, Great Expectations, The Gettysburg Address and Other Writings dan masih banyak lagi

Semuanya sanggup meruntuhkan niat  saya untuk tidak membeli buku, seandainya punya dana tidak terbatas. Karena hanya boleh milih satu, padahal tergoda juga dengan Alice in Wonderland maka pilihan langsung jatuh ke LW. Konsisten pada koleksi, meski merapal doa supaya lain kali ada yang berbaik hati memberikan Alice in  wonderland versi ini *kode on*

Barnes & Noble Collectible Editions
Leather Bound: 528 pages 
Publication date: 3/17/2012 Publisher: Barnes & Noble
ISBN-10: 1435136136 
ISBN-13: 978-1435136137 
Product Dimensions: 5.6 x 2.2 x 8.5 inches 
Shipping Weight: 2.1 pounds

The Chronicles the joys and sorrows of the four March sisters as they grow into little women. It is a beautiful leatherbound edition of a timeless classic. It features a ribbon marker and decorated endpapers. This timeless favourite follows the four March sisters - pretty Meg, tomboy Jo, shy Beth and vain Amy - as they grow and mature into four distinctive little women. Louisa May Alcott was born in Pennsylvania and grew up in Boston and Concord, Massachusetts, the setting for Little Women. Jo is based on Louisa herself, and Meg, Beth and Amy are inspired by Louisa's own three sisters. The story chronicles the joys and sorrows of the four March sisters as they grow into young ladies in nineteenth-century New England. This beautiful edition would make an attractive addition to any home library

Begitu saya menyampaikan pilihan segera rekan saya mulai melakukan proses pemesanan. Buku sengaja dikirim ke kantor saja. Harga Rp 350.000 sudah termasuk ongkos kirim. Agak mahal memang mengingat berat buku serta pengiriman dari kota Malang.

Begitu buku itu sampai, saya hanya bisa memandang dengan takjub sambil mengelus kover dengan hati-hati, seakan-akan takut elusan saya bisa membuat lecet. Plus saya merapal doa dalam hati semoga hari ini tidak hujan sehingga saya bisa membawa pulang buku ini dengan aman. Kalau pun hujan semoga plastik yang saya gunakan untuk melapisi tidak bocor sehingga buku ini bisa sampai dengan aman di rumah. Mempertimbangkan juga berat tidak ya buku ini. Box no 47 yang saya persiapkan untuk "rumah" bagi ini cukup tidak ya.... Duhh jadi sibuk sendiri.

Soal cerita pastinya sama dengan yang lain. Perbedaan utama jelas pada tampilannya. Kertas yang dipergunakan memang putih tapi jika dilihat dari samping menampilkan warna yang tidak umum, warna pink muda.
Ada semacam pita yang bisa dipergunakan sebagai pembatas dengan warna ungu senada. Sementara untuk kover mengusung warna ungu. Sungguh cewek bingits kata anak alay zaman sekarang. 

Apalagi saat membuka halaman pertama, kita sudah disambut dengan aneka ilustrasi berwarna indah. Mungkin maksudnya bunga ya, saya kurang paham. Tapi ilustrasi yang ada di bagian depan buku berbeda warna dengan yang ada di bagian belakang, meski tema yang disajikan sama. 

Untuk edisi ini kita tidak akan menemukan ilustrasi sama sekali dalam kisah. Yang ada hanya setiap huruf awal di tiap bab dibuat dengan bentuk dan ukuran yang lebih besar. Semacam diukir indah.

Sungguh, sampai saat ini buku ini yang paling mahal. Tapi tidak segitu mahalnya khan.

Sumber gambar:

http://www.barnesandnoble.com/


-------------
Edit Agustus 2015

Versi bahasa Korea menjadi yang termahal saat ini. Mahal karena harganya sebesar $ 32.29 saat nilai tukar Rupiah sebesar Rp 13.500, jadi harga buku itu Rp 435.915 ++ 

Tapi isinya sesuai dengan harga yang harus dibayar

2 komentar:

  1. cantikkkk mbak bukunya. keren keren.

    BalasHapus
  2. Sekarang harganya sekitar Rp 321.650 di http://www.findbookprices.de/isbn/9781435136137
    Belum jelas ongkirnya

    BalasHapus