Kamis, 21 Mei 2015

Les quatre filles du docteur Marsch





Hemmmm box nomor berapa lagi yang ingin saya bagi kisahnya ya...? Ah! Bagaimana jika box nomor 84?  LW dalam versi bahasa Perancis,Les quatre filles du docteur Marsch atau jika dialih bahasa ke bahasa Indonesia menjadi Empat putri Dr. Marsch

Terdapat 3 buku cetak dan satu ebook dalam koleksi saya. Lumayan juga usaha pencarian buku cetak. Kesulitan utama mengumpulkan versi bahasa Perancis adalah sedikit versi yang ada. Jika ada pun sering kovernya sama meski tahun terbitan beda. 

Kalau buku tersedia harganya setara dengan uang sekolah jagoan sebulan, bikin mundur teratur. Nanti harga cucok eh tidak melayani kirim ke tanah air. Yang bikin atit ati justru sudah ngeces mendadak baru sadar ada note sudah tidak tersedia. Sabarrrr!
 
Berikut koleksi saya berdasarkan tahun terbit, bukan pembelian ^_^

ISBN-10: 2013227477
ISBN-13: 9782013227476        
Publisher: Hachette
Publication Date:1984
Pages: 278

Meg, Jo, Beth et Amy sont quatre sœurs qui s'entendent bien. En pleine guerre de Sécession, leur père part sur le front, alors tout le monde doit se mettre au travail. Mais entre Meg la raisonnable, Jo l'impétueuse, Amy la raffinée et Beth la délicate, les discussions sont passionnées et la maison rarement silencieuse !

Buku ini meski terbit tahun 1984 justru merupakan buku terbaru dalam versi bahasa Perancis yang saya punya. Juga merupakan satu-satunya  buku baru dalam koleksi versi bahasa Perancis. kami juga secara tidak sengaja (ehem). Iseng mengintip ebay, menemukan harga terjangkau dan.... lagi-lagi bebas ongkos kirim. Bungkus!

Ada semacam jaket buku di bagian depan dan belakang. Jadi kover yang ada dibuat dengan ukuran panjang lebih besar dari halaman kemudian ditekuk ke bagian dalam. Demikian juga pada kover belakang. Bagian yang ditekuk bisa dipergunakan sebagai pembatas buku.

Pada bagian kover depan yang ditekuk ke dalam, tercantum informasi singkat mengenai pengarang, Louisa May Alcott. Sementara pada bagian belakang yang ditekuk ke dalam, akan kita temui informasi buku klasik lainnya dari penerbit. Misalnya mengenai Robinson Crusoe dan David Copperfield.Tercantum juga link yang bisa dikunjungi terkait buku ini pada kover belakang, www.Lecture-Academy.com, kapan-kapan mampir yuk.
 
ISBN-10:2010209222
ISBN 13: 9782010209222 
Verlag: Le Livre De Poche Jeunesse 
Published: 1994 
Publisher: Hachette
Shipping Weight: 0.31 lbs 
Pages: 252

Jika ada buku yang  pelit ilustrasi, buku ini justru sangat royal akan ilustrasi. Ada yang dibuat satu halaman penuh malah. Kita juga bisa mendapatkan ilustrasi wajah para gadis March, hanya saja kok jadi seram ya menurut saya,

Saya memang tidak mengerti bahasa Perancis, tapi saya tahu kurang lebih isi satu bagian. Yaitu bagian yang diberi judul Bibi March hi hi hi. 

Dalam kisah bibi March digambarkan sebagai perempuan tua yang meski baik hati namun sangat galak, menuntut kesempurnaan serta ingin mendidik para gadis March menjadi wanita yang mandiri dan terpelajar. Namun melihat ilustrasi yang ada dalam buku ini jadi seram juga akan sosok bibi March. Ilustrasi sosoknya menjadi  perempuan tua nyinyir, keras kepala yang tinggi hati.Salut buat Jo yang tahan berada lama di dekatnya.

Keunikan buku ini adalah adanya catatan di balik kover yang ditunjukan untuk si pemilik buku dari yang memberikan. Sepertinya sih begitu hi hi hi. Saya tidak mengerti bahasa Perancis, namun melihat model penulis sepertinya begitu.

Tertulis juga tahun pemberian buku ini 1999, lumayan lama juga ya masa edar buku ini. Maksud saya sejak tahun terbit 1994 hingga 19959 masih bisa ditemukan, biasanya di tanah air setelah sekian lama buku akan masuk bagian obral tanpa memperhatikan isi.
 
Illustration: Jean Mascii
ISBN-10: 2277238775
ISBN-13: 9782277238775
Publisher: J'ai lu
Publication Date: Jan. 4th, 1995
Pages:  318 
Shipping Weight: 0.35 lbs

On est en Amérique, en pleine guerre de Sécession. Le docteur March est au front et sa petite famille doit survivre. Heureusement, les quatre sœurs March et leur mère forment un clan très uni qui affronte l'adversité avec courage et bonne humeur malgré tout.

Versi yang saya miliki sudah dijilid menjadi hardcover. Saat melihat datanya di Batter World books memang tidak tercamtum mengenai hal tersebut. Mengingat buku ini dipergunakan untuk perpustakaan jadi mungkin saja hal tersebut dimaksudkan guna membuat usia pemanfaatan buku menjadi lebih lama. Namanya beli seken, ya harus puas dengan kondisi apa yang diterima.

Agak bingung juga saya menemukan kata ilustrasi oleh sementara dalam buku ini menurut saya tidak ada ilustrasi sama sekali. Ataukah yang dimaksud ilustrasi adalah kover? Tapi jika saya tidak salah ingat kover versi ini bukanlah hal yang orisinil. Entah kalau perubahan seperti tulisan dan sejenisnya pada kover dianggap sebagai sudah memberikan kontribusi ilustrasi. 

Ilustrasi sosok para gadis March serta ibu mereka di kover depan memberikan gambaran suasana keluarga yang penuh kasih sayang. Pancaran bahagia terlihat dari wajah mereka saat membaca surat dari kapten March. Unik juga versi ini,  karena ada tulisan roman di kover depan.

Masih penasaran saya, sekali lagi saya Satu-satunya gambar dalam buku ini adalah logo sekolah sebelum buku ini mendarat ke BWB. Logo tersebut tercetak di kartu buku perpustakaan. Tercantum juga nomor kelas buku ini,  813.4-Fiksi Inggris

Traduit de l’anglais par Pierre-Jules Hetzel
La Bibliothèque électronique du Québec
Collection À tous les vents Volume 963 : version 1.0
Cet ouvrage est le 963e publié dans la collection À tous les vents par la Bibliothèque électronique du Québec.

Selanjutnya adalah ebook. Edisi ebook ini merupakan versi bahasa Perancis pertama yang saya miliki. Ada 570 halaman yang tersedia dan tak satu pun ada ilustrasinya. Entah kenapa ya jarang ada buku LW yang memuat ilustrasi. Saya tidak menemukan data lengkap seperti tahun dan lainnya,tentunya hal ini dikarenakan kendala bahasa. Untuk memudahkan saya anggap saja yang paling muda dibanding koleksi yang lain. 




















































.











































I















Tidak ada komentar:

Posting Komentar