Sabtu, 23 Mei 2015

LW dengan Kover Plastik

Memiliki koleksi LW membuat saya jadi sering memperhatikan banyak hal terkait buku-buku tersebut. Kover yang sejenis, bahasa yang beragam, terjemahan yang berbeda, kalimat pertama yang berbeda di beberapa  buku. Salah satu hal menarik adalah soal kover buku.

Meski sering disebutkan untuk tidak menilai bagus-tidaknya isi sebuah  buku dari kover, tetap saja urusan kover tidak bisa disepelekan karena berpengaruh tidak langsung pada dibeli atau tidaknya sebuah buku.

Demikian juga dengan LW. Bisa dibedakan dengan mengacu pada kover, sebagai contoh,  yang sering mempergunakan sosok empat gadis muda, kover mana yang sangat mirip satu dengan lainnya,  kover yang tidak mempergunakan model empat gadis, dan lainnya.

Selain urusan kover, yang juga menarik adalah bentuk kover. Apakah hard, soft, kulit atau bahkan sejenis plastik. Dalam koleksi saya ada beberapa dengan kover sejenis plastik, entah apa namanya.

Publisher: A.L Burt Company
Published: 1911 
Pages: 454

Tanpa sengaja saya menemukan buku ini di BWB. Ceritanya ada program beli sejumlah buku di bagian obralan dengan harga khusus. Sudah selesai memiliha masih kurang satu buku, tanpa pikir panjang langsung memasukan buku ini dalam keranjang buku. Ternyata menjadi buku tertua dalam koleksi saya. Sekarang buku ini menempati box nomer 52.

Sebenarnya kover buku ini berbentuk hardcover tapi bukan dari kertas, mempergunakan bahan semacam plastik. Khas buku saat itu. Tulisan Little Women berada di bagian depan dengan warna (sepertinya) kuning. Sementara di bagian paling bawah ditulis nama pengarang. Tulisan tersebut masih bisa terbaca karena dicetak dengan cara seperti membuat ukiran dalam kover. dengan Pada punggung buku tertulis Little Women serta Alcott yang sudah nyaris pudar.

Begitu membuka halaman pertama, pada sisi kiri saya menemukan nama pemilik awal buku ini, Sarah Brown Hanmer (semoga tidak salah baca) karena ditulis dengan mempergunakan huruf sambung.  Sementara bagian kanan tertulis menurun kalimat, " Sister from Louis." Selanjutnya kalimat, "Christmas Dec.25.,1925"

Selanjutnya baru kita menemukan halaman kover. Tercetak judul buku "LITTLE WOMEN" dalam ukuran besar, sementara di bawahnya tercetak dalam ukuran yang lebih kecil, " or MEG, JO, BETH, AND AMY" Selain nama penulis tertulis juga, "Complete Authorized Edition" dengan huruf agak besar. Disusul dengan  huruf yang lebih kecil, "Published by angement with Little, Brown, and Company."

Satu-satunya hal yang bisa menunjukan tahun terbit ini hanyalah kata copyright 1896, 1910, 1911. Kita asumsikan saja buku ini dicetak tahun 1911.


Marjory Swinton (Introduction)


Publisher: Collins
Reprint: 1959
Pages: 446

Louisa May Alcott's beloved tale about Meg, Jo, Beth, and Amy is presented in a beautiful Everyman's Library Children's Classics edition. The story of the four sisters' dreams, quarrels, and romances are brought to vivid life in this edition that features full cloth binding in bold, bright colors; silk ribbon marker and headband; two-color illustrated endpapers and illustrations throughout. A brief biography of Alcott is also included.
  
Sebenarnya saya tidak suka warna merah, namun karena yang ini tentang LW tentunya saya bisa berkompromi. Judul kisah tercetak pada  punggung buku, ditambah nama pengarang. Terdapat juga semacam hiasan guna memperindah tampilan punggung buku.

Saat membuka halaman pada bagian depan dan belakang dihiasai dengan lambang seperti huruf C yang bertaut. Mengingatkan saya pada logo salah satu brand ternama di dunia.

Selanjutnya ilustrasi wajah penulis buku ini tercetak pada halaman pada sisi bagian kiri. Di bawah ilustrasi gambar tercantum nama serta tahun yang menandakan saat kehidupannya, tahun 1832-1888.

Pada bagian kanan tercetak judul kisah, buku ini memuat dua kisah sekaligus, Little Women dan Good Wives.  Tercantum juga nama pengarang, pemberi pengantar serta pembuat ilustrasi. Saya menemukan juga tanda tangan si pemilik buku ini sebelumnya. 

Beberapa ilustrasi menarik bisa kita temukan dalam buku ini. Bahkan menghabiskan satu halaman penuh. Tentunya gayanya berbeda dengan model ilustrasi zaman sekarang. Namun demikian tidak mengurangi pesan yang ingin disampaikan. 

Saya lupa tepatnya dari mana buku ini, yang saya ingat buku ini saya beli melalui salah satu pedagang buku ol. Sekarang buku ini tersimpan rapi di dalam box nomor 10.


ISBN 10: 1607105489


ISBN-13: 9781607105480
Publisher: Thunder Bay Press
Publication date: 9/18/2012
Series: Word Cloud Classics
Pages: 472
Product dimensions: 7.50 (w) x 5.40 (h) x 1.40 (d)

The latest addition ot the Charming Classic series includes a paperback edition of Little Women, the first American children's novel to become a classic, and a beautiful gold-tone cameo. This timeless favorite follows the four March sisters—pretty Meg, tomboy Jo, shy Beth, and vain Amy—as they grow and mature into four distinctive little women.  

Louisa May Alcott was born in Pennsylvania and grew up in Boston and Concord, Massachusetts, the setting for Little Women. Jo is based on Louisa herself, and Meg, Beth, and Amy are inspired by Louisa's own three sisters.

Chronicles the joys and sorrows of the four March sisters as they grow into young ladies in nineteenth-century New England.(http://www.barnesandnoble.com/w/little-women-louisa-may-alcot)

Dibandingkan dengan dua buku terdahulu, data buku ini jelas mudah ditemukan. Jika ingin memilikinya masih bisa diperoleh di toko buku. Bahkan saat saya ke Solo beberapa waktu lalu, buku ini juga tersedia di toko buku  besar yang ada di sana. Harganya juga tidak terlalu mahal, masih terjangkau. Sebagai acuan di http://www.barnesandnoble.com dibanderol seharga USA $12.55, http://www.periplus.com dijual seharga Rp 202.000

Kembali saya sangat bersyukur memiliki banyak sahabat yang mengingat  hobi saya mengoleksi LW. Versi ini merupakan hadiah ulang tahun dari my beloved manager Silvero.

Keuntungan memiliki buku ini adalah mudah dibersihkan dari sisi kover. Serta tidak cepat rusak dibandingkan dengan versi kertas biasa.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar