Kamis, 14 Januari 2016

Kotak Koleksi Nomor 57-62


Salah satu bahasa asing LW yang ada dalam koleksi saya adalah bahasa Jerman. Tersimpan dalam kotak nomor 57. Memang baru ada dua buku cetak dan satu versi ebook yang dicetak, tapi sudah merupakan hal yang lumayan. Versi ebook sebenarnya berbentuk semacam kamus untuk belajar. Jadi kisah LW dalam bahasa Inggris, lalu di bawahnya ada catatan kaki mengenai arti kata yang dicetak tebal dalam kalimat mempergunakan bahasa Jerman. Ada beberapa versi bahasa. Cara ini dianggap memudahkan untuk belajar bahasa Inggris. Seputar koleksi dalam bahasa Jerman bisa dibaca di sini

Selain berbentuk novel biasa, ternyata ada juga penyajian dengan cara cerita bergambar atau cergam dalam bahasa Inggris. Koleksi saya itu berada dalam kotak penyimpanan nomor 58. 

Meskipun bergambar, tapi tidak ada warna yang disajikan alias versi BW. Meski begitu lumayan juga untuk hiburan. Versi ini bisa menyingkat waktu baca bagi mereka yang tidak memiliki waktu banyak. karena hal-hal yang diuraikan dalam buku bisa disajikan dalam bentuk visual.

Salah satu buku dalam kotak nomor 58 juga saya peroleh dengan tidak sengaja. Ceritanya salah satu teman di komunitas blogger bercerita tentang hasil buruannya pada sebuah kedai buku bekas. Diantara buku-buku yang difoto ada LW. Langsung melakukan aksi teror untuk titip buku itu. 

Oh ya, satu lagi versi ebook yang saya cetak, ada di kotak nomor 58 dengan kover hijau dengan sosok para gadis March sedang berkumpul.   Sebenarnya saya sudah berusaha mencari versi cetaknya, lumayan sulit. Kebetulan menemukan versi ebook dengan kover sama langsung dicetak. Kesulitannya ya itu, bentuknya tidak bisa sesuai dengan versi asli alis menjadi ukuran A4. Untuk ebook tersebut nomor ISBN adalah 9781616416171.


Sementara buku dengan nomor 165 juga ditambah  DVD berisi pembacaan kisah dalam buku ini. Sayangnya salah satu DVD rusak sehingga saya hanya bisa mendengarkan sebagian kisah saja. Bagi mereka yang tidak begitu suka membaca, cara ini bisa membantu untuk tetap menikmati kisah klasik.

Bahasa lain yang juga agak susah saya peroleh adalah bahasa Italia. Seperti biasa, dimulai dengan ebook sebelum menemukan versi cetak. Cetak pertama saya pesan melalu toko buku ol di luar negeri sana. Berat di ongkos kirim hikkk. Tapi yang saya pesan sudah merupakan yang paling murah. Selanjutnya saya memperoleh sebagai oleh-oleh dari sahabat saya Patricia S yang sedang melancong ke sana. Untuk saat itu nilai tukar kita sedang lumayan stabil. Sebenarnya saya dibelikan 1 lagi versi bahasa Inggris, karena sudah ada maka buku itu saya hibahkan ke orang lain.

Kover biru buku pada kotak nomor 60 bukanlah alasan saya membeli buku itu he he he. Justru semula yang ingin saya beli berwarna kuning. Entah kenapa ketika sampai kok jadi warna biru. Mungkin beda edisi, saya belum tahu pasti. Isinya ternyata semacam guidebook seputar LW. Bisa juga dipergunakan untuk kuis nih.

Kotak penyimpanan nomor 62 berisi LW versi bahasa Greek. Bisa dartikan bahasa Yunani sepertinya. Saya hanya menemukan dua versi pada sebuah situ ol. Langsung saya pesan keduanya. Satu tersedia dalam versi hardcover sementara yang lain tidak.  Salah satu tidak ada gambar bukunya. Berbekal ISBN saya coba mencari seperti apa kover buku tersebut. Memang bisa ditemukan dengan mudah. Tapi begitu buku itu tiba, ternyata tidak sesuai dengan gambar yang pernah saya lihat. Untungnya kedua gambar itu berbeda satu dengan lainnya jadi tetap bisa masuk dalam koleksi. Kisah lengkapnya di sini






    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar