Rabu, 13 Januari 2016

Kotak Koleksi Nomor 41-48



Untuk kali ini, kita akan menengok isi kotak nomor 41 hingga 48. Meski sepertinya ada 8 kotak, tapi harap dimaklumi, ada kotak yang belum terisi sehingga tidak bisa dijadikan hitungan untuk jumlah buku.  Hal ini dikarenakan, pada awalnya saya menyediakan kotak penyimpanan terlebih dahulu baru membeli buku untuk disimpan. Sehingga bisa saja kotak nomor 46 belum terisi karena diperuntukan bagi buku dengan ukuran tertentu, sementara kotak nomor 55 sudah terisi. Bukan mustahil buku yang baru dibeli ternyata ukurannya pas dengan kotak nomor 55. Untuk itu guna mengetahui jumlah buku, maka yang harus  diperhatikan adalah nomor bukan nomor box.

Saya sempat agak kesal dengan salah satu toko buku ol karena menjanjikan spesial order untuk isi kotak nomor 41 dengan ISBN 9781593081089 dengan kover berwarna biru. Biasanya spesial order membutuhkan waktu sekitar 1 bulan pemesanan. Sudah nyaris tiga bulan belum ada khabar, akhirnya dengan sebal saya mencoba bertanya pada pihak penjual.

Jawabannya menyebalkan! Ternyata mereka sudah tidak menyediakan spesial order lagi. Entah kenapa mereka tidak mengabari saya, malah menunggu saya bertanya. Service yang ajaib! Kalau saya tidak bertanya entah berapa lama lagi uang saya bakalan mengendap di sana. Memang jumlahnya tidak besar, tapi perlakuan mereka membuat kesal. Saya memberikan toleransi waktu mengingat kadang order saya dari luar negeri juga agak lama, tapi bukan berarti mereka bisa dengan acuhnya tidak memberi tahu perkembangan pesanan saya. Untung akhirnya saya bisa mendapatkan dari toko buku bekas ol terbesar.

Beberapa buku yang ukurannya lebih panjang berada di kotak nomor 44. Jumlahnya lumayan banyak juga. Buku dengan ISBN 9781600109645 adalah salah satu versi baru dari LW. Mereka digambarkan sebagai Women in Black, persis kisah MB. Dalam buku itu juga ada kisah lainnya, jadi bisa dikatakan ini semacam kumpulan cerita pendek yang dimodifikasi dari kisah klasik.

Hal serupa juga terjadi pada buku dengan nomor ISBN 978-0345522603 yang mengusung kisah Little Women dan Werewolves yang terbit pada tahun 2010. Kover buku ini tidak terlalu berbeda dibandingkan kover LW yang lain. Cukup mengusung salah satu kover yang lumayan sering digunakan lalu diberi tambahan ilustrasi.

Kisah yang juga mengalani modofikasi adalah kisah Little Vampire Women,  nomor ISBN 9780061976254 juga terbit pada tahun 2010. Pada kisah ini para gadis March sudah menemukan cara untuk bisa hidup abadi, mirip-mirip kisah para vampire. Kover buku ini dibuat sangat berbeda. Wajah tiga gadis March dibuat penuh darah di sekitar area mulut. Ciri khas vampire dipadukan dengan jelas dalam kover.

Jika umumnya buku mempergunakan sampul kertas, dalam kotak nomor 44 ada juga yang mempergunakan kulit imitasi. Mengusung warna coklat, buku ini merupakan satu dari sekian serial klasik yang dibuat dengan kover kulit imitasi. Dari segi ilustrasi memang sangat sederhana. Kelebihan yang ditawarkan justru pada jenis bahan yang dipergunakan sebagai kover buku.

Pada saat saya mulai mengumpulkan LW, menemukan buku-buku dari tahun tua ternyata lebih sulit. Buku dengan cetakan tua  pertama yang saya temukan adalah cetakan tahun 1956. Belum cukup tua memang. Tapi menemukan buku itu seperti menemukan harta karun. Belakangan saya mulai mencari dengan lebih sabar dan menemukan buku-buku keluaran tahun lawas. 
Salah satu buku yang lumayan tua, hasil perburuan diawal koleksi ada di kotak nomor 45. Cetakan tahun 1911. Dengan kover warna hitam, membuat buku ini berkesan misterius (apa coba). Tapi justru warna hitam itu yang membuat buku ini tidak terlalu kelihatan tua, meski tulisannya mulai memudar.

Untuk kotak nomor 46, berisi cetakan ebook LW dalam bahasa Slovak. Saya menemukannya melalui situ pencarian yang menyediakan jasa ebook gratis.

Oh ya seperti diuraikan di atas, kotak penyimpanan nomor  47 dan 48 belum ada isinya. Masih harus sabar menunggu ^_^







Tidak ada komentar:

Posting Komentar